6 bahasa pemrograman yang mudah di pelajari

May 12, 2020

Digital

Comments Off on 6 bahasa pemrograman yang mudah di pelajari


Hai Good Reader ! Kamu pengen belajar bahasa pemrograman? Kalo iya, kamu ada di tempat yang tepat.Soalnya, artikel kali ini akan membahas 10 bahasa pemrograman terbaik yang bisa kamu pelajari. Kamu pasti tertarik, kan?

Bahasa pemrograman adalah bahasa yang dipakai untuk menjalankan fungsi tertentu di aplikasi ataupun software. Bahasa pemrograman banyak digunakan untuk membuat website, aplikasi, atau produk digital lainnya itu kenapa, makin ke sini, skill bahasa pemrograman makin banyak dilirik. Jadi, keputusan kamu untuk belajar bahasa pemrograman dan menjadi developer sudah tepat! Ada 10 bahasa pemrograman terbaik menurut survei TIOBE Index, PYPL, dan Stack Overflow. di nusawebsite jasa pembuatan website jogja kami menggunakan semua bahasa di bawah ini, apakah saja itu ? Ini dia penjelasan lengkapnya.

Phyton merupakan bahasa pemrograman yang cukup mudah untuk dipelajari. Phyton punya sintaks yang jelas, sifatnya intuitif, dan hampir mirip dengan bahasa Inggris. Ia juga bisa digunakan untuk berbagai macam project. Misalnya, untuk mengembangkan APIs, crawlers, scrapers, sistem backend, dan lainnya. Phyton juga terkenal karena punya banyak pilihan plugin dan third-party library.

Javascript terkenal sebagai bahasa komputer khusus untuk mengembangkan front-end website. Situs populer seperti YouTube, Facebook, dan Twitter, mereka semua menggunakan bahasa pemrograman yang satu ini. Meski banyak digunakan untuk membuat tampilan depan website, Javascript juga bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile, game, dan juga desktop. Ini karena Javascript tidak membutuhkan resource memori yang besar, dinamis, serta mudah untuk digunakan. Sejak dirilis di tahun 90-an, Java memiliki banyak sekali penggemar. Kira-kira ada tiga alasannya.

 

 

Pertama, karena Java bisa digunakan hampir di semua sistem operasi.

Kedua, Java mempunyai bahasa pemrograman yang cocok untuk perusahaan skala besar Karena, bahasa pemrograman yang satu ini cepat, lebih mudah dikelola, tidak punya banyak bug, dan backwards compatible.

Ketiga, Java punya komunitas yang sangat besar di StackOverflow dan GitHub. Meski sudah cukup lawas, SQL masih menjadi bahasa pemrograman yang penting untuk dipelajari Karena, SQL merupakan bahasa pemrograman yang khusus digunakan untuk data manajemen.

  1. C# (baca: C Sharp).
READ  Meningkatkan Penjualan dengan Internet Marketing

C# adalah bahasa pemrograman keluaran Microsoft. C# adalah bahasa yang fleksibel, powerful, dan mudah digunakan. Fleksibel karena bisa digunakan di satu komputer atau dikirim lewat web ke komputer lainnya. Powerful karena memiliki fitur yang lengkap Dan, mudah digunakan karena modifikasi perintah sama seperti C++. Ia juga memberitahu letak kesalahan ketika kita sedang coding. C# banyak digunakan untuk membuat APIs, aplikasi desktop, terutama games.

  1. adalah C.

C merupakan bahasa pemrograman yang paling tua tapi masih eksis hingga sekarang. Bahasa pemrograman ini juga dikenal dengan general purpose language. Dengan kata lain, C sengaja didesain untuk mengembangkan berbagai macam sistem operasi dan hardware. Makanya, C punya bahasa pemrograman yang jelas dan mudah dipahami. Banyak bahasa pemrograman populer, seperti Java, PHP dan JavaScript yang bermula dari C.

 

PHP masih menjadi bahasa pemrograman yang cukup populer saat ini Setidaknya 40% website aktif di dunia dibuat dengan menggunakan PHP. Termasuk website yang dibuat menggunakan CMS WordPress, Joomla, dan Drupal. C++ banyak digunakan dalam pengembangan high-level application seperti virtual reality, games, sistem operasi komputer, dan grafik komputer Kalau kamu tertarik mengembangkan sistem di internet of things (cloud platforms), Membuat aplikasi di smartwatch, atau membuat aplikasi inovatif lainnya, C++ menjadi aplikasi yang wajib kamu pelajari. Swift dipakai untuk mengembangkan software atau aplikasi di iOS atau Mac OS. Swift merupakan bahasa pemrograman yang sangat mudah untuk dipelajari, cepat, aman, dan mudah dibaca jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, developer Swift belum banyak. Makanya ini jadi kesempatan yang baik untuk kamu belajar dan mengembangkan applikasi melalui Swift.

Ruby merupakan pemrograman yang cukup terkenal di kalangan startup. Kenapa? Karena…

Yang pertama, Ruby punya sintaks yang sederhana Artinya, kamu bisa mendesain aplikasi menggunakan sedikit kode saja.

Yang kedua, Ruby memiliki development tools khusus, yaitu Ruby on Rails.Tools ini membantu para developer untuk melakukan pekerjaan secara lebih cepat tidak heran kalau Ruby dipakai oleh banyak unicorn di Silicon Valley. Misalnya Twitter, Airbnb, dan GitHub pun juga pakai Ruby. Itu tadi 10 bahasa pemrograman terbaik versi TIOBE Index, PYPL, dan Stack Overflow.

READ  Meningkatkan Penjualan dengan Internet Marketing

Kira-kira kesimpulannya kayak gini. Nah, kira-kira kamu udah tahu belum mau belajar bahasa yang mana?