Apa itu Internet of Things?

May 30, 2020

Blog

Comments Off on Apa itu Internet of Things?


IoT

Internet of Things, atau IoT, mewakili semua perangkat yang terhubung internet yang memiliki kemampuan untuk terhubung ke perangkat lain yang didukung internet.

Perangkat yang terhubung ini saling berbagi data dan informasi melalui internet.

Data tanpa perlu interaksi manusia-mesin. Dengan kata lain, IoT adalah kumpulan perangkat elektronik yang dapat berbagi informasi di antara mereka sendiri, “kata sebuah laporan Februari dari Layanan Penelitian Kongres.

Apa itu 5G?

“Pengembangan, aplikasi, dan penggunaan IoT kemungkinan akan terus tumbuh dengan penyebaran jaringan dan teknologi seluler [5G],” kata laporan CRS. “Ini memungkinkan sejumlah besar perangkat terhubung secara bersamaan ke jaringan dan berkomunikasi dengan penundaan minimal, mendukung tidak hanya konsumen tetapi juga penggunaan industri perangkat IoT dan sistem.”

Laporan tersebut mencatat bahwa industri IoT global “diperkirakan akan tumbuh sekitar 37 persen dari 2017 menjadi [$ 1,5 miliar] pada tahun 2025.”

Tetapi perangkat dan pengembangan IoT juga menyoroti masalah privasi dan cybersecurity yang serius terkait dengan individu, pemerintah daerah dan institusi. Laporan CRS mencatat bahwa IoT dapat dibagi berdasarkan industri termasuk Internet of Medical Things, Smart Cities dan Smart Homes, yang semuanya berisiko diretas.

“Perangkat dan sistem yang terhubung menawarkan kemungkinan akses di mana-mana, yang setara dengan lebih banyak titik masuk bagi pengguna yang sah maupun yang tidak sah. Karena semakin banyak perangkat yang terhubung satu sama lain dan ke internet, risiko dan dampak peningkatan kompromi, bersama dengan kemungkinan serangan cyber yang mengalir. Keamanan data adalah tradeoff untuk dipertimbangkan antara kenyamanan dan kerentanan, “tulis laporan itu.

Kapan kita akan memiliki teknologi 5g?

Beberapa anggota parlemen seperti Senator Mark Warner, D-Va., Telah menyatakan keprihatinannya tentang IoT dan potensinya untuk mengungkap informasi pemerintah yang sensitif kepada aktor-aktor jahat.

Warner memperkenalkan IoT Cybersecurity Improvement Act 2017 untuk memastikan bahwa vendor yang memasok teknologi kepada pemerintah AS memastikan “bahwa perangkat mereka dapat ditambal, tidak termasuk kata sandi yang sulit dikodekan yang tidak dapat diubah, dan bebas dari kerentanan keamanan yang diketahui, antara persyaratan dasar lainnya, “menurut siaran pers.

READ  Cara Membuat Capcin Segar dan Sangat Simpel!

Rilis ini mencatat bahwa perangkat IoT kadang-kadang bisa menjadi tautan lemah dalam struktur keamanan jaringan, membuat perangkat lain rentan terhadap serangan cyber.

 

Pelatihan PLC secara online pertama di indonesia dapat sahabat ikuti di kelasPLC.