Category: makanan


Resep bakso ala rumahan

May 10, 2020

makanan

Comments Off on Resep bakso ala rumahan


Hallo guys pada kesempatan kali ini catering jogja ingin berbagi Bagaimana caranya bikin bakso ini ala rumahan banget bisa juga disebut pentol bakso yang bakal kita buat kali ini adalah bakso tanpa kuah ya teman-teman ini rasanya enak banget dan bikinnya pun mudah banget serta ini juga kenyal teman-teman semuanya mau tahu apa saja bahannya dan bagaimana cara pembuatannya jangan kemana-mana tangan terus ikuti artikel ini karna catering jogja akan mengajari kalian bagaimana cara membuat bakso perntol yang enak pantengin terus hingga akhir ya Terima kasih.

 

Bahan-bahan yang harus disiapkan adalah daging sapi giling sebanyak 500 gram daging sapi giling dan ini agak setengah beku ya teman-teman karena tadi sengaja di masukkan ke dalam freezer sebentar kemudian Kalau tidak ada daging sapi giling seperti ini teman boleh pakai daging sapi yang belum digiling itu lalu teman-teman bisa potong kecil-kecil Nah setelah itu lanjut kita ke 1 butir putih telur berapa 100 gram tepung sagu atau tepung tapioka 1 sendok makan bawang merah goreng 2 sendok teh bawang putih goreng kemudian ada 2 sendok teh garam kemudian ada setengah sendok teh baking powder 1 sendok teh merica bubuk 1 sendok teh gula pasir 75 gram es batu es batunya kecil-kecil pakai nya sebanyak 10 atau 11 biji teman-teman juga bisa siapkan satu sendok teh kaldu bubuk sapi tapi ini opsional temen temen.

 

Nah itu dia bahan-bahannya mudah sekali bukan lanjut aja kita ke cara membuatnya yang pertama kita didihkan air terlebih dahulu sebanyak kurang lebih 2 liter air untuk nanti merebus Bakso nya kalau adonan nya udah selesai Nah setelah itu kita akan bikin adonan bakso nya dulu di sini yang pertama harus dilakukan adalah memasukkan setengah dari daging sapi giling nya dulu ya teman-teman jadi hanya setengahnya aja kemudian kita akan memasukkan Bawang Putih dan Bawang Merah goreng nya Nah 3 bahan sudah masuk baru kita kan giling hingga bawang merah dan bawang putih halus teman-teman Nah kalau tadi nggak pakai daging sapi giling pakai daging yang belum digiling itu teman-teman teman-teman bisa giling dulu dagingnya hingga benar-benar halus ya teman-teman kalua daging yang tadi dipersiapkan  digiling di awal adalah daging sapi nya dulu yang tanpa campuran apaapun kemudian digiling hingga halus bersama dengan bumbu bumbu lainnya.

 

Setelah menggiling bawang merah dan bawang putih nya udah selesai sampai menjadi halus kemudian masuk kan setengah dari es batu nya tadi yang sudah di siapkan setengahnya aja ini kemudian masukan juga setengah dari sisa daging gilingnya tadi lalu Masukkan garam kemudian baking powder lalu merica bubuk, gula pasir dan tepung sagu atau tepung tapioka nya di masukan saat udah selesai semuanya. Setelah semua bahan sudah dimasukin lalu akan kita akan giling hingga semuanya tercampur rata setelah semuanya tercampur dengan kondisi es batu nya belum hancur sempurna ya teman-teman kemudian aduk hingga rata kemudian kita akan masukkan bahan yang tersisa yaitu adalah es batu tadi teman-teman kemudian masukan putih telurnya temen temen.

 

Setelah dua bahan yang terakhir masuk kita akan giling lagi hingga benar-benar rata hingga bener benar tercampur rata dan menjadi halus setelah semuanya tercampur rata tambahkan satu sendok teh kaldu bubuk supaya lebih mantap rasanya tidak di pake juga tidak apa apa sebenarnya kalo temen temen merasa rasanya sudah mantap kaldu bubuk ini juga bisa dimasukan saat proses penggilingan bahan bahan tadi ya temen temen. Untuk menggilingnya pastikan temen temen sudah menyiapkan alat penggiling nya dulu di rumah ya.

Setelah semua tercampur rata dan halus kita akan pindahkan adonan ke tempat yang lain dulu ya teman-teman setelah selesai ambil es batu satu aja ini es batu kecil untuk membasahi telapak tangan lalu siapkan 1 sendok makan kemudian air secukupnya nanti buat biar nggak lengket aja Nah setelah itu kita pastikan dulu airnya benar-benar mendidih ini sudah mendidih Setelah mendidih baru kita matikan apinya teman-teman jadi nanti kita mencetak adonan bakso nya kemudian masukkan ke dalam air yang mendidih tapi airnya dimatiin dulu ya teman-teman setelah kita mematikan apinya bisa kita cetak sekarang. Oh ya temen temen bakso juga merupakan menu andalan catering jogja yang banyak di minati orang orang lo kalo temen temen ingin menyajkan bakso untuk acara arisan, pengajian,syukuran atau acara lainnya temen temen bisa pesan di catering jogja.

 

Cetaknya bisa sesuai selera teman-teman saya ataukah mau di bentuk besar besar atau kecil kecil cara mencetak nya adalah remas adonan sekencang mungkin kemudian adonan akan muncul pada selah jempol dan ibu jari berbentuk bulat baru kita bisa masukkan ke dalam air nya menggunakan sendok yang tadi dalam pencetakan temen temen bebas menggunakan metode apa saja untuk mencetak bakso menjadi bulat .kita kan laku seperti ini hingga adonan habis .kemudian masukan ke air yang sudah  di rebus tadi di usahakan jangan menggunakan air mendidih dalam mencetak bakso karna dapat membuat tekstur baksonya menjadi lembek jadi sebaiknya teman-teman memasukkan bakso ke dalam air yang tadi sudah mendidih kemudian mematikan api nya.

 

Setelah itu cetak adonannya dan masukkan ke dalam air itu tadi kalau semuanya udah selesai masak dengan api yang sangat kecil sekali jangan sampai mendidih Ya teman-teman kurang lebih sekitar 5 menit ke setelah terapung semuanya telah mengembang semuanya baru angkat dan sisihkan kalau mau masak lagi biar tetap kenyal teman-teman bisa pakai api yang sangat kecil untuk memasaknya jadi hindari memasak bakso dalam air yang mendidih karena itu akan menyebabkan teksturnya menjadi lembek tunggu bakso hingga mengambang itu berarti tanda nya bakso sudah matang kemudian tinggal di sajikan di atas piring dengan saus atau kecap supaya lebih nikmat nah mudah kan temen membuat bakso pentol