Gerbang Logika NOT, Pengertian, Transistor, dan Tabel Kebenarannya

October 6, 2020

Blog

Comments Off on Gerbang Logika NOT, Pengertian, Transistor, dan Tabel Kebenarannya


gerbang logika not

Gerbang NOT atau NOT gate merupakan salah satu jenis gerbang logika yang tak kalah penting untuk kita ketahui. Logic gate adalah istilah dalam bahasa Inggris yang biasanya sering kita gunakan.

Logic gate merupakan dasar pembentukan dari sistem elektronika digital, yang mana memiliki fungsi tertentu. Salah satunya adalah untuk mengubah satu maupun beberapa input atau masukan menjadi sebuah sinyal output atau keluaran logis.

Bahkan logic gate ini telah beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner. Tak salah lagi yaitu bilangan yang hanya mempunyai dua kode simbol, yakni 0 dan juga 1 dengan menggunakan teori Aljabar Boolean.

Membahas secara singkat apa itu logic gate, pastinya membuat kita semakin penasaran dengan gerbang NOT atau gate NOT ini. Untuk itulah, berikut ini penjelasannya untuk anda.

Pengertian Gerbang Logika NOT

Mungkin, bagi sebagian orang yang belum memahami elektronika secara lebih luas, masih belum familiar dengan gerbang NOT ini. Gerbang NOT sendiri hanya memerlukan sebuah masukan atau input untuk menghasilkan hanya 1 keluaran atau output.

Gerbang NOT dapat juga kita sebut sebagai inverter atau pembalik. Disebut demikian karena mampu menghasilkan keluaran atau ouput yang berlawanan atau kebalikan dengan masukan atau inputnya.

Itu artinya, bila kita ingin memperoleh keluaran atau output dengan nilai logika 0, maka input atau masukkannya harus memiliki nilai logika 1. Kemudian gerbang NOT biasanya juga dilambangkan dengan simbol minus “-” di atas variabel inputnya.

Transistor Gerbang Logika NOT

Gerbang NOT 2 input sederhana bisa kita bangun menggunakan RTL resistor transistor switch. Transistor harus saturasi “ON” untuk ouput atau keluaran terbalik atau inverted “OFF”.

Gerbang NOT tersedia juga menggunakan rangkaian digital agar dapat menghasilkan fungsi logika yang diinginkan. Gerbang logika NOT standar memiliki simbol yang bentuknya segitiga yang menunjukkan ke kanan dengan lingkaran pada ujungnya.

Lingkari ini dapat kita kenal sebagai ‘gelembung inversi” serta memiliki kegunaan dalam simbol NOT, NOR, dan NAND. Terutama outputnya guna merepresentasikan operasi logika dari fungsi NOT. Gelembung tersebut menunjukkan inversi sinyal (komplementasi) dari sinyal serta mampu hadir pada salah satu atau kedua output dan/atau terminal input.

READ  Apa itu Internet of Things?

Tabel Kebenaran Gerbang Logika NOT

Apabila kita memperhatikan tegangan pada masukan adalah rendah, maka keluaran atau outputnya merupakan tinggi. Begitu pula sebaliknya, ketika masukkan atau inputnya tinggi, maka keluaran atau outputnya adalah rendah.

Seperti yang sudah kita jelaskan, keluaran atau output selalu berlawanan dengan masukan atau input. Tabel kebenaran gerbang logika tersebut juga memberikan karakteristik pembalik yaitu dari bentuk biner 0 dan 1.

Kita bisa mempelajari bahwa sebuah sinyal melalui pembalik, maka dapat kita katakan masukan dibalik serta dikomplemenkan. Bahkan dapat juga kita katakan bahwa sinyal tersebut ditiadakan, dikomplemenkan, maupun dibalik mempunyai arti yang sama.

Itulah tadi pengertian, transistor, dan tabel kebenaran dari gerbang logika NOT. Tentu saja, penjelasan ini dapat memberikan kita pemahaman yang lebih baik lagi mengenai gerbang NOT.