Indoxxi Disebut Jaringan Situs Pembajakan Film di Dunia

May 2, 2020

Film

Comments Off on Indoxxi Disebut Jaringan Situs Pembajakan Film di Dunia


Indoxxi Disebut Sebagai Jaringan Situs Pembajakan Film di Dunia

Indoxxi disebutkan oleh Asosiasi Industri Video Asia (AVIA) pembajakan yang dilakukan oleh situs streaming tersebut adalah kejahatan yang teroganisir. Karena situs streaming film illegal Indo xxi tersebut mengendalikan sejumlah situs pembajakan film dan aplikasi illegal lainnya secara global.

Indoxxi Disebut Sebagai Jaringan Situs Pembajakan Film di Dunia

Indoxxi Disebut Sebagai Jaringan Situs Pembajakan Film di Dunia

Menurut Coalition Against Piracy (CAP) mengatakan bahwa, memang situs Indo xx1 sudah tidak dapat diakses lagi sekarang oleh masyarakat. Namun masih ada banyak jumlah situs – situs streaming film illegal lainnya yang masih bisa diakses. Kemudian situs – situs tersebut ternyata ada dalam bawahan Indoxxi yang masih tetap beroperasi dan memberikan akses pembajakan konten film – film di Indonesia dan internasional.

Namun sebelum itu, tepat pada tanggal 1 Januari 2020. Situs streaming ilegal di Indonesia yang bernama Indoxxi menyampaikan pesan melalui pesan pop-up di situsnya. Pengumuman tersebut berbunyi tentang informasi bahwa situs dan aplikasi Indoxxi tidak akan bisa lagi di akses per tanggal 1 januari 2020. Situs streaming film illegal dan aplikasi film illegal atas nama Indo xxi memang sudah tidak bisa lagi diakses mulai tanggal 1 januari 2020. Akan tetapi, mati satu tumbuh seribu. Semakin banyak pula situs streaming film ilegal sejenis yang menjamur. Itulah mengapa, cukup sulit untuk memberantas dan menghentikan pembajakan film.

CAP mengatakan, berdasarkan data yang di dapatkan dari Alexa. Situs Indoxxi disebut sebagai situs web yang paling populer di dunia dengan peringkat 721. Lalu situs web Indoxxi juga masuk peringkat 100 sebagai salah satu situ web terpopuler di Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Jepang.

IndoXXI Terdaftar di USTR, apa itu ?

Tahun 2019 Indoxxi terdaftar pada USTR Notorious Markets List pemerintahan Amerika Serikat. Daftar ini adalah identifikasi situs web yang berbahaya dan mengerikan di luar negara Amerika Serikat. Yang menyatakan bahwa situs web tersebut memberikan fasilitas pembajakan hak cipta atau bisa juga disebut sebagai pemalsuan merek dagang.

Chand Parwez, Ketua Asosiasi Perusahaan Film Indonesia (APFI) mengatakan. Pihaknya dan CAP telah bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) secara aktif. Serta menindak tegas dan melawan kegiatan pembajakan film. Dengan mengingat kerugian besar yang didapat dari pelanggaran hak cipta sehingga kegiatan pembajakan film illegal ini harus segera diberantas dan diberhentikan.

READ  Review Film DreadOut, Horor atau Fantasi? Kamu yang Tentukan

Lalu untuk mendukung kegiatan ini, CAP juga bekerja sama dengan Video Coalition of Indonesia (VCI) dan juga Kemenkominfo. dalam melawan tindakan kejahatan pembajakan online yang telah banyak tersebar dan merusak negara.

Sehingga phak – pihak tersebut melakukan indentifikasi terlebih dahulu. Serta langkah selanjutnya memblokir domain dan aplikasi yang terkait dengan situs – situs web pembajakan film. Kemenkominfo, sudah melakukan pemblokiran terhadap lebih dari seribu situs web streaming illegal. Termasuk juga pembajakan film dan juga aplikasi – aplikasi penyedia film illegal.