Lokasi dan Harga Tiket Sam Po Kong Semarang

April 13, 2020

Wisata

Comments Off on Lokasi dan Harga Tiket Sam Po Kong Semarang


Sam Po Kong Semarang

Anda suka sejarah dan suka liburan? Jika ya, maka jangan lewatkan untuk mengunjungi lokasi dan harga Tiket Sam Po Kong Semarang yang ramah di kantong. Alkisah seorang penjelajah dari Tiongkok, Laksamana Cheng Ho, berlayar mengelilingi dunia termasuk Indonesia sebanyak 5 kali yang dimulai dari Aceh hingga Pulau Bali. Dalam penjelajahannya, Cheng Ho juga menyebarkan agama Islam di setiap persinggahan yang ia lalui.

Lebih dari 600 tahun yang lalu kuil ini dibangun yang menandai persinggahan pertama Cheng Ho dan rombongannya. Awal mula berdirinya landmark Kota Semarang ini pada saat Laksamana berlayar melalui Laut Jawa dan terjadi bencana yaitu banyak dari awak kapal yang jatuh sakit. Kemudian Cheng Ho singgah di sebuah goa di tepi pantai dan mendirikan sebuah masjid yang kini menjadi Kuil atau Kelenteng. Awak kapalnya banyak yang memilih tinggal dan menikah dengan penduduk setempat dan memiliki keturunan yang mendiami Kota Semarang.

Anda akan menemukan empat buah kelenteng di dalam kompleks wisata, yaitu Kyai Jangkar, Sam Poo Tay Djien, Juru Mudi, dan Dewa Bumi. Kelenteng paling besar di antara keempatnya yaitu Kelenteng Sam Poo Tay Djien atau Sam Poo Kong. Di bawah kelenteng ini terletak Goa Sam Poo dan sumur di kelenteng ini tidak pernah kering airnya. Meskipun terdapat tangga untuk turun ke bawah dan juga lampu, namun ada keterbatasan untuk mengakses gua tersebut. Kebanyakan pengunjung Kelenteng Dewa Bumi merupakan penganut Khong Hu Cu dan bertujuan untuk berterimakasih kepada Dewa Bumi yang bermurah hati memberikan berkat berupa tanah yang subur.

Selain Kelenteng, Anda juga bisa menemukan patung raksasa Laksamana Cheng Ho di tengah area kelenteng dengan total luas 3,5 hektar. Jika Anda ingin mengetahui perjalanan Cheng Ho mengelilingi dunia, Anda bisa menemukan relief yang terbagi menjadi 10 bagian cerita dengan penjelasan dalam tiga Bahasa di bawah relief, yaitu Bahasa China, Indonesia, dan Inggris.

Terdapat dua makam tokoh penting di area Kelenteng, yaitu Ong Keng Hong yang merupakan juru mudi kapal Cheng Ho. Bangunan ini berada di samping kiri bangunan utama kelenteng. Makam tersebut dibuat setinggi 1,5 meter dan di depannya terdapat karpet serta tempat untuk meletakan sesaji bagi peziarah. Anda juga dapat menjumpai jangkar  kapal dengan tinggi sekitar empat meter yang dikeramatkan dan diberi nama Kyai Jangkar.

READ  Keindahan Kota Malang yang Harus Anda Ketahui

Konon, jangkar ini dipercaya berasal dari salah satu dari 300 kapal besar yang dibawa Cheng Ho berkeliling dunia. Jika Anda melihat lebih jeli ke sekitar tempat pemujaan jangkar ini, ada pohon yang batangnya mirip dengan rantai kapal. Penduduk pada masa silam percaya bahwa rantai kapal milik Cheng Ho yang dilempar ke tanah menjadi asal muasal pohon tersebut.

Di area kelenteng disediakan pula penyewaan kostum pecinan untuk berfoto seolah-olah dengan latar belakang di negeri China. Kawasan yang kaya akan sejarah dan juga wisata religi ini mematok tarif Rp 25.000 untuk setiap pengunjung. Tentu saja pada saat liburan, hari kebesaran agama, ataupun malam Jum’at Kliwon jumlah pengjunjung lebih ramai dibandingkan hari biasa.

Rute untuk mencapai lokasi dan harga Tiket Sam Po Kong Semarang yang berada di Bukit Simongan tidaklah sulit dan akses jalannya sudah ramai. Anda bisa mengandalkan Google Map jika baru pertama kali berkunjung ke Kota Semarang. Namun jika Anda tetap merasa bingung, maka mallardsgroups.com adalah solusinya.