Penyebab Terjadinya Gempa Bumi Berdasarkan Jenisnya

May 29, 2020

Review

Comments Off on Penyebab Terjadinya Gempa Bumi Berdasarkan Jenisnya


Gempa bumi adalah guncangan pada permukaan bumi akibat pergeseran lapisan batuan di dasar permukaan bumi. Gempa bumi ini dapat terjadi kapan saja. Kita perlu mengetahui apasaja penyebab dari terjadinya gempa. Berikut ini adalah penyebab terjadinya gempa bumi berdasarkan jenisnya.

Penyebab gempa bumi berdasarkan jenisnya

1. Gempa Vulkanik

Gempa vulkanik merupakan gempa yang disebabkan oleh letusan gunung berapi yang sangat dahsyat, Gempa vulkanik ini biasanya terjadi di wilayah dekat gunung berapi yang masih aktif. Gempa ini terjadi karena adanya aktifitas magma yang meningkat sebelum gunung meletus.

Magma berada dibawah lapisan kerak bumi.Gempa jenis ini sering terjadi di indonesia karena indonesia memiliki banyak sekali gunung yang masih aktif seperti gunung Bromo, gunung Merapi, gunung Una-Una, dan gunung Krakatau.

2. Gempa Tektonik

Ini adalah gempa yang disebabkan karena pergeseran lapisan kulit bumi yang diakibatkan lepasnya energi di zona penunjaman atau adanya patahan yang disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi. Gempa ini biasanya terjadi di wilayah yang memiliki banyak laut, Bumi tersusun dari beberapa lapisan batuan yang ada sebuah lapisan sebagian besarnya areanya mengapung seperti salju.

Lapisan itu dapat bergerak perlahan dan berpecah, pergerakan yang terus menerus dapat memberikan kemungkinan besar untuk bagian lapisan itu bertabrakan dan dapat menimbulkan energi didalamnya. Pelepasan energi secara tiba tiba inilah yang dapat mengakibatkan gempa bumi.

3. Gempa Runtuhan

Ini adalah gempa yang disebabkan karena adanya runtuhan, yaitu kejadian tanah longsor dan sejenis lainya. Ini adalah gempa bumi yang jarang terjadi dan wilayah yang terhitung sempit karena gelaja alam yang tidak terduga.

4. Gempa Buatan

Ini adalah gempa yang disebabkan oleh ulah tangan manusia, seperti meledaknya bom nuklir yang dapat menggoyangkan bumi hingga menganggu keseimbangan alami lempeng tektonik, tidak hanya itu adanya buatan manusia pertambangan yang dapat menyebabkan tanah longsor serta memicu gangguan dari pemindahan batu besar secara ekstensif.

READ  Cara Merawat Taman Agar Tetap Cantik dan Indah

5.Gempa Bumi Tumbukan

Ini adalah gemba bumi yang sangat jarang terjadi, gempa ini tercipta karena adanya hantaman benda asing dengan bumi. Contonya adalah jatuhnya meteor atau asteroit, penyebab gempa bumi berdasarkan kedalaman.

6. Gempa Bumi Dalam

Gempa bumi dalam ini berasal dari hiposentrumnya atau pusat bumi. Gempa ini muncul dari kedalaman kerak bumi yang lebih dari 300Km dibawah permukaan bumi. Ini adalah gempa bumi yang tidak terlalu berbahaya.

7. Gempa Bumi Menengah

Gempa bumi menengah adalah gempa yang disebabkan karena kedalaman antara 60 hinggga 300Km dibawah permukaan bumi. Gempa bumi menengah ini bisa dirasakan dari tingkat kecil hingga sedang getaranya.

8. Gempa Bumi Dangkal

Gempa bumi dangkal ini yang memiliki hiposentrumnya dari kedalaman kurang dari 60 kilometer di bawah permukaan bumi. Gempa yang satu ini mampu menimbulkan getaran yang cukup besar dan meluas.

Demikianlah penyebab terjadinya gempa bumi berdasarkan jenisnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua mengenai gempa bumi.